Review FM Touch 2016

FM_Touch_2016_PackshotSesuai janji saya waktu itu,,disini saya akan coba mereview FM Touch 2016 yang udah saya maenin kira-kira 3 bulanan…langsung aja ya.

1. Interface

IMG_0862Tampilannya sama persis kayak versi PC.

2. Gameplay (Match Engine)

IMG_0873Ini juga sama persis kayak versi PC, kita bisa liat versi kancing (2D) ato versi 3D..meskipun masih butuh peningkatan untuk versi 3D tapi ini udah cukup banget (dengan maenin versi 3D batre tabletmu akan lebih cepat habis)

3. Taktik

IMG_0863IMG_0864Saya gatau yang versi PC sekarang itu seperti apa, yang jelas saya puas banget bikin taktik di FMT ini,,dari TI,PI enak makenya…cuma yang saya bingung di PI ketika kita misalnya aktifin seseorang sebagai DLP-S sudah ada role bawaan dan gabisa kita ubah..versi PC seperti ini juga ato ngga?

 

Kekurangan

1. Tidak ada Pep Talk

ya, kamu ga salah baca..di FMT ini ga ada fitur Pep Talk padahal fitur ini yang bikin kita serasa jadi manajer beneran karena harus mikir apa yang mesti kita omongin ke squad,,tapi kalo saya sih seneng fitur ini ga ada,jadinya ga pusing dan takut mental team tiba-tiba drop karena salah ngomong :p

2. History

IMG_0867Ini yang cukup mengganggu,,kita ga bisa liat history karir seorang pemain ato history transfer kita sekalipun. yang bisa kita lihat cuma saat musim berjalan,,misal di musim 2017 kita pengen liat karir Zlatan Ibrahimovic di musim 2015/2016, musim itu ga bisa kita klik di karirnya,cuma karir dia di 2016/2017 aja yang bisa kita klik..begitu pula transfer history,gabisa kita liat histori transfer sebuah tim pada musim musim sebelumnya.

3. Talk To Pers

Fitur ini juga ga ada di FMT,,paling kita ditanya wartawan kalo kita ikutan deadline day,udah disitu aja.

4. Coach, Scout, Physio, etc.

IMG_0869di FMT kita hanya boleh punya 1 coach, 1 scout, 1 physio…menyenangkan? tentunya tidak,karena saya senang mencari staff pelatih yang bagus,dan juga saya senang mengutak-atik latihan suatu tim…

5. Pilihan Liga saat New Game

di FMT kita hanya bisa memilih maksimal 3 liga saja saat memulai karir,,hal ini cukup merugikan karena ada beberapa pemain terutama wonderkid yang tidak muncul.

 

Kira-kira segitu review dari saya tentang FMT 16 ini,,,kekurangan fitur yang sebut di atas mungkin karena adanya penyesuaian untuk game di tablet,karena kalo fiturnya bener-bener sama persis dengan yang PC pasti butuh tablet yang sangat wow banget speknya…mudah”an kedepannya ada perbaikan buat FMT ini,minimal liga yang bisa dimaenin ditambah,history bisa di klik dan juga staff pelatihnya bisa nambah juga…untuk pep talk? saya sih lebih seneng ga ada :p

Advertisements

Nyoba lagi maen FM

FM_Touch_2016_Packshotudah lama banget saya ga maenin game ini,terakhir maenin kalo ga salah FM 12,dan gatau kenapa pas muncul FM 16 ini saya langsung tertarik dan pengen maen lagi. Pas gamenya muncul di App Store langsung saya beli,yups memang yang saya beli ini FM versi touch,salah satu alesan saya beli yang touch karena, pertama saya udah ga punya waktu buat maenin FM seharian di depan komputer, kedua saya ga punya komputer sendiri,,masa harus maen di komputer kantor,bisa ga kerja nanti saya…hahaha

Di edisi kali ini, karena maennya versi Touch di tablet jadinya ga ada editor dan FMRTE,,, tapi saya senang karena dua hal itu yang bisa bikin saya ga curang maen FM (meskipun load game masih saya jalanin untuk beberapa match tertentu,, :p ).

Tantangan saya di FM ini sih yang paling utama adalah,,berapa lama saya bisa maen game ini,,karena di edisi-edisi terdahulu dari jaman masih CM sampe FM 12 paling lama saya maen cuma 3 musim, abis itu ngulang dari awal..gitu aja terus..

Tantangan kedua yaitu,,,ga maen curang (FMRTE,Editor,load)..seperti yang udah dijelasin di atas versi touch ga ada FMRTE sama editor,,tinggal ngulang pertandingan nih yang belum bisa dijalanin,,,

Tantangan ketiga,,,bikin taktik yang sesuai sama keinginan diri sendiri,,untungnya dari dulu saya ga pernah download dan maen pake taktik orang,,tapi ya gitu…lebih sering maen jelek dan ngulang gamenya hahaha

Ketiga hal itu yang bikin semangat maen FM lagi,,,dan untungnya karena versi tablet jadinya saya bisa maen seenak hati dan sewaktu-waktu,,kadang cuma maen 1 pertandingan abis itu udahan,ato pas lagi nunggu pesawat boardin..kalo maen di komputer kan ga mungkin..

Review tentang FM Touch,taktik, dan perjalanan karirnya akan saya share di post post selanjutnya,,,

ciao…….

 

foto dari : http://www.footballmanager.com/games/football-manager-touch-2016